Your Shopping Cart
Total Items:
SubTotal:
Tax Cost:
Shipping Cost:
Final Total:

Thursday, November 10, 2011

Tugas 2 Ilmu Sosial Dasar

Tugas 2 Ilmu Sosial Dasar
Pendapat Anda Tentang Tawuran ?
Tidak Setuju,
Karena persaingan sekolah tidak harus dengan menggunakan kekerasan atau membuat satu sama lain saling melukai. Selain merugikan pelajar yang terlibat, tawuran juga merugikan orang lain yang sedang berada disekitar lokasi tawuran tersebut seperti pedagang kaki lima dan pengguna jalan yang sedang melintas.
Contoh Berita Tawuran
Tangerang - Tawuran akhir-akhir ini kembali marak terjadi di Kota Tangerang, Banten, dan kali ini memakan korban jiwa. Mitra Budi Susilo (17) siswa kelas III SMK Al-Husna jurusan Otomotif, warga Kampung Kelor, Desa Gaga, Kecamatan Paku Haji, Kota Tangerang, tewas tenggelam pada Jumat (14/10) di Kali Bayur, Kelurahan Koang Jaya Kecamatan Karawaci Kota Tangerang sekitar pukul 17.30 WIB. Dia berusaha lari dari sekelompok pelajar SMUN 6 Kota Tangerang.

Menurut Soleh (26) saksi mata di tempat kejadian, sekitar pukul 17.30 WIB kondisi Jalan Sangego di sepanjang Kali Bayur padat merayap dan dirinya melihat ada aksi tawuran antar pelajar, mereka membawa berbagai alat seperti kayu bambu dan senjata tajam.

"Pas ada tawuran jalanan macet mas. Saya lihat sekelompok pelajar tengah berlarian dan terlihat mengejar sambil memukuli pelajar lain. Waktu itu saya lihat korban langsung nyebur ke kali Bayur," ujarnya.

Dikatakan Soleh, tewasnya Budi Susilo akibat putra bungsu anak pasangan Almarhum Sukardi dan Een ini tidak bisa berenang.

Warga sempat berusaha mencari korban. Setelah mencari selama hampir 30 menit korban berhasil ditemukan dan jenazahnya langsung dibawa ke RSUD Kabupaten Tangerang untuk dilakukan autopsi.

Kabid Humas Polres Metro Tangerang, Kompol Haru Manurung membenarkan peristiwa tersebut. Namun menurutnya, tewasnya korban Budi Susilo bukan dikarenakan pukulan atau sabetan benda tajam, melainkan ketika itu korban hendak melarikan diri karena ketakutan dan terpeleset sehingga tercebur ke Kali Bayur.

"Saat ini Korban sudah dibawa oleh pihak keluarga dan kami akan melakukan penyelidikan terkait kasus ini," ujarnya.
Alasan
Penyebab alasan tawuran biasanya didasari adanya persaingan antar sekolah baik didalam lingkungan pendidikan atau didalam bidang ekstrakulikuler sekolah, selain adanya persaingan antar sekolah penyebab lain adanya tawuran biasanya ada saling ejek antar sekolah.
Solusi  
Sebaiknya ada pihak yang ikut bertanggung jawab untuk menangani masalah – masalah yang sebenarnya tidak terlalu besar namun dapat menimbulkan tawuran. Contoh pihak sekolah mewajibkan siswanya untuk mengikuti program ekstrakulikuler  atau menambah pelajaran yang ada disekolah agar selepas pulang sekolah siswa tidak nongkrong – nongkrong yang mengakibat adanya saling ejek  dengan sekolah lain yang akan memicu terjadinya tawuran, selain pihak sekolah orang tua seharusnya juga ikut berpatisipasi agar anaknya tidak ikut-ikut tawuran. 
Add to Cart More Info

0 comments:

Post a Comment